Home » , , » Siap Menjadi Benteng Kebudayaan, Pengurus Forum Budaya Mataram Dikukuhkan

Siap Menjadi Benteng Kebudayaan, Pengurus Forum Budaya Mataram Dikukuhkan

Foto: ist
Ancaman gempuran budaya asing, mendesak para pelestari budaya untuk mengantisipasi dengan mendirikan Forum Budaya Mataram


Depthinfo - Seiring perkembangan jaman, persoalan pelestarian kebudayaan seolah menjadi PR besar yang harus dihadapi oleh seluruh masyarakat. Terutama mereka yang selama ini berkutat dalam upaya pelestarian kebudayaan. Karena itulah, demi mengantisipasi degradasi kebudayaan yang akhir-akhir ini kian masif, kepengurusan lembaga Forum Budaya Mataram pun dikukuhkan. Di mana salah satu tugasnya adalah menjadi benteng terhadap gempuran budaya asing yang berusaha menggusur budaya lokal.

Hal ini memang sudah sangat mendesak untuk dilakukan saat ini. Sebab bila melihat kondisi yang terjadi di masyarakat, saat ini hampir sebagian besar generasi muda tidak paham dengan budaya nenek moyangnya. Karenanya FBM nantinya diharapkan bisa memberi edukasi secara khusus, terkait pelestarian budaya lokal.

Dan tak tanggung-tanggung, proses pengukuhan para pengurus FBM dilakukan di Pendhapi Gedhe Balai Kota Surakarta, pada Minggu (13/10) siang. Hal ini bisa dimaknai bahwa kepengurusan lembaga ini mendapat dukungan sepenuhnya dari pemerintah, dalam hal ini Pemkot Surakarta. Karena itulah, tampak jajaran muspida ikut hadir dalam acara tersebut.

Dalam acara yang berlangsung begitu khitmad itu, mewakili pendiri dan pemrakarsa berdirinya lembaga ini, HM. Manshuri dan KRMH Aryo Adisena melakukan pelantikan pada pengurus baru periode 2019 - 2024. Yang pada periode ini kepengurusan FBM diamanahkan kepada BRM Kusumo Putro sebagai ketua, dan Agung Hardiyanto sebagai sekjen.

"Kebudayaan adalah jendela bangsa. Dari sinilah, orang di luar bisa menilai tentang siapa kita. Karena itulah, kebudayaan yang berisi beragam adat istiadat serta kearifan lokal harus dijaga, agar seluruh generasi di masa yang akan datang bisa membentengi diri dari gerusan budaya luar," jelas Aryo dalam keterangannya di hadapan awak media.

Kusumo Putro sendiri selama ini dikenal sebagai tokoh yang gencar menyuarakan upaya pelestarian budaya. Melalui lembaga Dewan Penyelamat dan Pemerhati Seni Budaya Indonesia (DPPSBI) yang dibawahinya, dia kerap melakukan berbagai aksi untuk membangkitkan kesadaran budaya masyarakat. Karena itulah, dengan terpilihnya Kusumo sebagai ketua, tentunya harapan agar kebudayaan terus terjaga, sangat besar dibebankan di pundaknya. //Her

Thanks for reading & sharing depthINFO

Newest
You are reading the newest post