Monday, July 17, 2017

Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, Anggota Kodim 0728/Wonogiri Dites Urine Dadakan



Di bawah terik matahari yang menyengat, para anggota Kodim 0728/Wonogiri dipaksa menjalani tes urine, untuk mengungkap kemungkinan keterlibatan mereka dalam penyalahgunaan narkoba.



ADA yang tidak biasa dengan suasana di lapangan Kodim 0728/Wonogiri pada Senin (17/7) siang. Usai pelaksanaan upacara bendera, para anggota Kodim tidak langsung diperintahkan membubarkan diri. Tapi justru diinstruksikan untuk menjalani tes urin.

Sempat tersirat mimik wajah gelisah di raut muka beberapa anggota kodim. Mereka khawatir, jangan-jangan nanti ada yang tidak beres dengan hasil urine mereka. Yang bisa mengantarnya berurusan dengan hukum.

Tes urine yang dilaksanakan oleh  Denkesyah 04.04.04/ Surakarta dan  Klinik Kartika Pratama 28  itu dikawal ketat dari  Denpom IV/Surakarta. Karenanya 61 orang anggota Kodim termasuk Dandim , Kasdim dan semua  Daramil, serta  perwakilan Babinsa dari masing masing Koramil, itu tak bisa lagi mangkir untuk menjalani tes urine.

Dan terkait kegiatan ini, Dandim 0728/ Wonogiri Letkol Basuki Sepriadi menyampaikan bahwa, kegiatan ini akan rutin dilaksanakan dengan harapan tidak ada anggota Kodim yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Dandim Letkol Basuki Sepriadi usai menjalani tes urine


"Dengan pelaksanaan kegiatan secara mendadak, kita berharap bisa melakukan langkah antisipasi terhadap penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh anggota Kodim 0728/ Wonogiri," jelas Dandim.

Selain itu, tujuan pemeriksaan ini juga untuk menunjukkan kepada masyarakat, bahwa Kodim 0728/Wonogiri betul-betul melaksanakan perintah dari pimpinan angkatan darat. Yang mana diinstruksikan untuk memeriksa seluruh anggota, agar jangan sampai terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Baik itu sbagai pengguna maupun mengedarkan narkoba.  Dan apabila ditemukan anggota yang menggunakan maka akan ditindak tegas dengan aturan hukum yang berlaku di angkatan darat bahkan sampai hukuman pemecatan dari kedinasan.

"Sanksi hukum yang diterapkan bila ada anggota yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba sangat berat. Termasuk pemecatan. Karenanya kami berharap hal ini bisa mencegah keterlibatan anggota dalam penyalahgunaan maupun peredaran narkoba," sambung Dandim.

Dan program pencegahan keterlibatan anggota dalam penyalahgunaan narkoba yang diterapkan Kodim 0728/Wonogiri, tampaknya berjalan sukses. Sebab dari seluruh anggota yang menjalani tes urine, tidak ada satupun yang menunjukkan hasil positif narkoba. Sehingga tidak ada sanksi atau catatan apapun yang diberikan kepada para anggota kodim ini. //her

No comments:

Post a Comment